Home » » Ketrampilan Dasar Mengajar : 1. Ketrampilan Menjelaskan

Ketrampilan Dasar Mengajar : 1. Ketrampilan Menjelaskan

Written By - on Sabtu, 29 September 2012 | 09.54


A. Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar

Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional (As. Gilcman,1991). Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya.

Dalam mengajar ada dua kemampuan pokok yang harus dikuasai oleh seorang tenaga pengajar, yaitu;
1) Menguasai materi atau bahan ajar yang akan diajarkan (what to teach)
2) Menguasai metodologi atau cara untuk membelajarkannya (how to teach)
Keterampilan dasar mengajar termasuk kedalam aspek no 2 yaitu cara membelajarkan siswa. Keterampilan dasar mengajar mutlak harus dimiliki dan dikuasai oleh tenaga pengajar, karena dengan keterampilan dasar mengajar memberikan pengertian lebih dalam mengajar. Mengajar bukan hanya sekedar proses menyampaikan materi saja, tetapi menyangkut aspek yang lebih luas seperti pembinaan sikap, emosional, karakter, kebiasaan dan nilai-nilai.

B. Jenis-Jenis Keterampilan Dasar Mengajar

Keterampilan dasar mengajar yang harus ada pada seorang tenaga pengajar atau pendidik dapat dibedakan menjadi 8 jenis keterampilan. Keterampilan dasar mengajar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Keterampilan Menjelaskan

a. Pengertian keterampilan menjelaskan
Keterampilan menjelasakan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik.
b. Prinsip-prinsip menjelaskan 
# Penjelasan harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik
# Penjelasan harus diselingi tanya jawab
# Materi penjelasan harus dikuasai secara baik oleh guru
# Penjelasan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
# Materi penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik
# Dapat menjelaskan harus disertai dengan contoh-contoh yang kongkrit dan dihubungkan dengan kehidupan
c. Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjelaskan # Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan harus sederhana, terang dan jelas
# Bahan yang akan diterangkan dipersiapkan dan dikuasai terlebih dahulu
# Pokok-pokok yang diterangkan harus disimpulkan
# Dalam menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi
# Adakan pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan-pertanyaan

0 komentar:

Posting Komentar

Judul

ini apa